Profil Sirkuit Mandalika Untuk Lintasan di AJang MotoGP

Profil Sirkuit Mandalika Untuk Lintasan di AJang MotoGP

Secara resmi Indonesia sudah memiliki sirkuit bertaraf Internasional yang di beri nama Pertamina International Street Circuit (Sirkuit Internasional Mandalika). Sirkuit yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dengan memiliki panjang lintasan 4,31 km yang memiliki 17 tikungan. Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah dalam ajang balap MotoGP pada musim 2022 dan juga kejuaran dunia superbike musim 2021.

Profil Sirkuit Mandalika Untuk Lintasan di AJang MotoGP

Fakta Sirkuit Mandalika

Sirkuit yang pada awalnya memiliki panjang 4,32 km dan akan memiliki 19 tikungan, namun diperpendek menjadi 17 tikungan dengan 11 tikungan mengarah kanan dan 6 tikungan mengarah ke kiri. Karena menurut CEO Mandalika Grand Prix Association tikungan dikurangi untuk faktor keamanan dan digantikan dengan trek lurus untuk menambah aksi overtaking para rider dalam seri MotoGP 2021 Ducati dan KTM memiliki kecapatan di trek lurus apakah saat tampil di Mandalika meraka mampu berhasil jadi yang terkencang juga kita tunggu saja aksinya pada tahun 2022 mendatang.

Sirkuit yang dibangun di atasa lahan hamper seratus hektar ini memiliki kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dan total dapat menampung sebanyak 195.700 orang. Sirkuit Mandalika menggunaka aspal berjenis Stone Mastic Asphalt yang lebih kasar agar dapat memperkuat cengkraman ban para rider.

Sirkuit Mandalika memiliki 40 garasi di area paddock (garasi untuk pembalap), Garasi yang dibangun secara permanen memiliki ruang pers dan liputan di bagian atasnya. Pinggiran untuk sirkuit diberi pembatas yang berisi angin dan didatangkan langsung dari Jerman.

Sejarah Sirkuit Mandalika

Sirkuit yang sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 12 November 2021. Menelan biaya mencapai Rp 1,1 trilliun, Biaya tersebut digunakan untuk pekerjaan dasar pembangunan sirkuit. Sirkuit yang memiliki aspal stone mastic ini tidak perlu di beri pelapisan tambahan meskipun usianya lebih dari lima tahun.

Pada jadwal yang MotoGp sementara Mandalika akan menjadi sirkuit kedua setelah ajang pembuka MotoGP di Losail, Qatar. Para pembalap MotoGP akan berlaga pada 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. Selain pembalap dari MotoGP, para pembalap dari World Superbike (WSBK) akan merasakan lebih dulu Sirkuit Mandalika ini. Jadwal yang akan di gelar untuk WSBK dari tanggal 19 November 2021 hingga 21 November 2021.

Mendapat Rekor Muri

Sirkuit Mandalika juga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor tersebut diantaranya :

  1. Pembangunan sirkuit pertama berstandar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM)
  2. Pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM)
  3. Lintasan sirkuit tercepat.

Dengan adanya sirkuit ini diharapkan Indonesia mampu melahirkan pembalap – pembalap yang mampu bersaing di ajang MotoGP dengan para pembalap professional lainnya. Dan semoga Indonesia memliki pembalap yang berkompeten untuk mengharumkan nama Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *